Social Icons

Featured Posts

Pages

Selasa, 07 April 2015

Mengenal Penyakit gula Darah


Mengenal Penyakit gula Darah ~ Apakah anda mengatahui penyakit gula darah (diabetes) berikut proses terjadinya ?? Untuk mengatahui tentang penyakit tersebut, alangkah lebih abikjnjika anda menyimak ulasan informasi mengeani penyakit gula dan proses terjadinya, di bawah ini. Berikut informasinya, Selamat menyimak !!

Definis Penyakit Gula Darah


Gula darah disebut juga dengan istilah tingkat glukosa dalm darah. Konmsentrasi gula darah diatur dengan ketat oleh tubuh melalui hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas. glukosa yang dfi alirkan melalui darah mejadi sumber utama energi untuk sel -sel tubuh.

Pada umumnya tingkat glukosa dalam darah bertahan pada batas - batas yang sempit sepanjang hari : 4 -8 mmol (70-150mg/dl). Konsentrasi glukosa dapat meningkat setelah makan dan biasanya dan bisanya berada pada level terendah pada pagi hari atau sebelum makan.

Menlojaknya kadar gula darah akibat gagalnya pengaturan gula darah dapat menimbulakan masalah kesehatan yang disebut dengan penyakit gula atau diabetes.

Apabila level gula darah meningkat, baik itu karena perubahan glikogen, atau karena pencernaan makanan, hormon yang lain dilepaskan dari butir-butir sel yang terdapat di dalam pankreas. Hormon ini, yang disebut insulin, menyebabkan hati mengubah lebih banyak glukosa menjadi glikogen. Proses ini disebut glikogenosis), yang mengurangi level gula darah.

Terdapat 2 tipe Penyakit Diabetes :

Diabetes mellitus tipe 1 disebabkan oleh tidak cukup atau tidak dihasilkannya insulin, sementara tipe 2 disebabkan oleh respon yang tidak memadai terhadap insulin yang dilepaskan ("resistensi insulin"). Kedua jenis diabetes ini mengakibatkan terlalu banyaknya glukosa yang terdapat di dalam darah.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_darah

Proses Terjadinya Diabetes

Diabetes disebabkan karena kerusakan sel-sel pancreas sehingga produksi horman insulin menurun, jumlah dan kualitasnya. Kerusakan sel pancreas sendiri diakibatkan oleh oksidasi radikal bebas yang jumlahnya melimpah dan dipercepat peningkatannya, sedangkan jumlah antioksidan tidak mencukupi untuk melawannya.

Kualitas insulin yang menurun berakibat gula darah tidak dapat segera diubah menjadi glikogen di liver dan otot sehingga kadar gula meningkat di dalam darah. Untuk mengatasi hal tersebut, sel-sel pancreas meningkatkan produksi insulinnya namun dengan kualitas yang rendah. Keadaan insulin yang berlebihan ini disebut HIPERINSULIN.


Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan sel-sel endotel pembuluh darah. Kerusakan endotel pembuluh darah akan mendorong pembentukan gumpalan-gumpalan darah yang menempel pada dinding pembuluh darah. Semakin lama, gumpalan ini akan semakin menebal, sehingga mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan kaku. Kondisi ini dapat mengakibatkan stroke dan kerusakan syaraf.

Dari proses tersebut, disimpulkan bahwa untuk mengatasi diabetes dibutuhkan insulin dengan kuantitas yang baik dan seimbang. Selama ini penderita hanya mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat memacu pancreas untuk memproduksi insulin dari segi kuantitas saja. Dengan cara tersebut gula darah dapat diturunkan tatapi penyempitan pembuluh darah semakin lama semakin parah.

Gejala Umum Penyakit gula Darah Dapat ditandai Dengan Timbulnya, tanda - tanda berikut ini :
  1. Merasa lemah dan terjadi penurunanan berat badan
  2. Poliuria (Konsentrasi buang airt kecil meningkat)
  3. Polidipsia (Rsah haus yang meningkat)
  4. Folifagia (Banyak makan)
  5. Konsentrasi glukosa dalam darah yang meningkat
  6. Perbahan pada lensa mata
  7. Luka sulit sembuh
Itulah ulasan singkat mengani penyakit gula darah.  Semoga sajian informasi yang kami samapaikan bermanfaat untuk anda agar jauh lebih waspada terhadap penyakit tersebut. Salam Sehat !!! :-)

Sudah Baca Yang Ini..?



Komentar :

ada 0 komentar ke “Mengenal Penyakit gula Darah”

Posting Komentar

Tutorial Blog

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers

Reader Community

 

Katanya Temen Nih

Site Info

Friend Link

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra